Mengenal Audio Sound System Lebih Dekat


Audio sound system adalah sistem yang berada di dalam lingkup pembicaraan tentang suara. Sound system diartikan sebagai satu kesatuan perangkat audio yang mengeluarkan bunyi atau suara dari sumbernya dan mengeraskan suara tersebut lewat perantara lainnya.

Pembahasan audio sound system memang kompleks apabila tidak dijabarkan satu-persatu menurut pengertian dan fungsinya masing-masing. Namun, pada intinya audio sound system adalah perangkat pengeras suara. Sistem-sistem yang terkenal di dalam dunia ini ada bermacam-macam meliputi sound reinforcement, audio recording, dan PA (Public Address). Apakah yang dimaksud oleh istilah-istilah tersebut?

Sound Reinforcement

Konser musik outdoor adalah salah satu contoh dari sound reinforcement. Sistem ini adalah kombinasi dari perangkat audio seperti mikrofon, amplifier, prosesor sinyal, dan loudspeaker yang dapat membuat suara secara langsung atau rekaman menjadi lebih keras dan didistribusikan ke tempat yang lebih luas agar terdengar hingga jarak yang cukup jauh. Orang-orang yang berada di balik audio sound system bagian sound reinforcement ini antara lain adalah:

  • Live Sound Engineer, bertugas untuk menginstalasi speaker, kabel, alat-alat (equipment) dan memegang kendali mixer selama pertunjukan.
  • Monitor Engineer, bertugas untuk memberikan sound monitor untuk musisi yang berada di panggung.
  • System Engineer, bertugas untuk mengatur desain sistem modern. System Engineer juga bertanggung jawab mengawasi dan mengontrol live sound engineer dan monitor engineer.

Audio Recording

Audio recording adalah seperangkat audio yang dilengkapi dengan alat rekam. Fungsinya adalah untuk merekam suara ke dalam bentuk data. Sistem ini memerlukan audio converter yang berfungsi untuk mengubah sinyal AD/DA (Analog Digital/Digital Analog). Untuk proses perekaman saat ini juga sudah dimudahkan oleh DAW (Digital Audio Workstation), yaitu semua prosesor yang diperlukan untuk perekaman, mixing, dan mastering bisa menggunakan plug-in berbentuk digital yang berada di dalam komputer sehingga tidak memerlukan peralatan analog lagi.

baca juga : Mengenal istilah-istilah audio sound system

PA (Public Address)

Sistem PA yang merupakan kependekan dari Public Address adalah sistem yang menempatkan beberapa speaker dipasang di suatu gedung bertingkat untuk menyampaikan pengumuman singkat atau keadaan darurat. Cara kerjanya adalah dengan cara mendistribusikan suara ke seluruh tempat yang sudah terpasang speaker di sudut-sudut ruang gedung.

Sistem yang digunakan adalah sinyal audio dengan voltase dalam skala kecil, namun jangkauannya cukup jauh untuk kebutuhan beberapa speaker yang ditempatkan di dalam gedung tersebut. Perangkat yang digunakan dalam sistem ini adalah speaker ceiling, amplifier, dan mixer PA.

Sistem-sistem di atas adalah sistem yang paling populer digunakan untuk sebuah rangkaian audio sound system. Ternyata, audio sound system memiliki fungsi beragam di kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk sarana hiburan, namun juga untuk kepentingan umum seperti sistem PA yang banyak diterapkan di fasilitas umum.

sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001282328/istilah-bahasa-dalam-dunia-audio/

Like this website? Create yours in under 2 minutes.